PU-LOGO

Perubahan Nomenklatur, Ini Direktorat Jenderal Baru Untuk Pembiayaan Infrastruktur

19 Februari 2019 | Admin

Dalam rangka mendukung ketersediaan pembiayaan infrastruktur untuk menunjang percepatan pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan, dinilai perlu untuk melakukan penguatan dan revitalisasi organisasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Atas pertimbangan tersebut, pada 20 Desember 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 135 Tahun 2018 tentang Kementerian PUPR. Dalam penandatanganan Perpres tersebut, Ditjen Pembiayaan Perumahan pada Pasal 4 Perpres No. 15 Tahun 2015, berubah menjadi Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan.

Lihat Detil »

Tingkatkan Target Program Satu Juta Rumah, Pemerintah Gaet Komunitas

04 Februari 2019 | Admin

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Program Satu Juta Rumah (PSR) pada tahun 2019 sebesar Rp 1,25 juta unit. Target tersebut meningkat mengingat realisasi Program Satu Juta Rumah pada 2018 berhasil tembus mencapai mencapai 1.132.621 unit.

Plt. Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, untuk mencapai target tersebut tidak mudah karena memerlukan promosi yang lebih masif di media konvensional, internet dan juga melalui media sosial. Sehingga masyarakat lebih mudah mencari lokasi rumah subsidi yang diminatinya.

Lihat Detil »

Meet The Expert, Inovasi Pembiayaan dengan Kerjasama Pemerintah Swasta

31 Januari 2019 | Admin

Direktur Evaluasi Bantuan Pembiayaan Perumahan Arvi Argyantoro dan Sesditjen Pembiayaan Perumahan Irma Yanti menerima kunjungan Direktur Utama PT Anglo Euro Energi Indonesia, Alan Lau Yew Ghee, Kamis (31/1). Pertemuan tersebut membahas mengenai Innovative Financing & Public Private Partnerships In Housing Program Acceleration.

 

Lihat Detil »

Penandatanganan PKO Pinjaman Dalam Rangka Penyaluran KPR Sejahtera Tahun 2019

24 Januari 2019 | Admin

Dengan angka backlog yang masih tinggi, maka kebutuhan akan rumah masih memerlukan kontribusi dari semua pemangku kepentingan, termasuk optimalisasi dari lembaga jasa keuangan. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) sebagai salah satu lembaga jasa keuangan, terus memperkuat perannya sebagai Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan melalui inisiatif program penurunan beban fiskal pemerintah dalam program KPR FLPP (KPR Sejahtera). Melalui Peran PT SMF ini memungkinkan pemerintah hanya menyediakan 75 persen pendanaan FLPP yang semula 90 persen. Hal ini akan meningkatkan jumlah rumah yang dibiayai melalui Program FLPP.

Lihat Detil »

Pemerintah Siapkan Skema Baru Pembiayaan Perumahan Generasi Milenial

14 Desember 2018 | Admin

Untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan mengalokasikan dana untuk berbagai skema Pembiayaan perumahan yaitu Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga (SSB), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM). Tidak hanya untuk MBR, untuk meningkatkan jumlah kepemilikan rumah bagi generasi milenial, Pemerintah tengah merumuskan skema baru untuk memudahkan generasi muda atau para milenial memiliki rumah. Mengingat generasi milenial masih cenderung konsumtif dan menyewa tempat tinggal.

Lihat Detil »