PU-LOGO

BERITA » PENGEMBANGAN DAN PENYEDIAAN HUNIAN TERJANGKAU DI KAWASAN BERORIENTASI TRANSIT MRT JAKARTA

Pengembangan dan Penyediaan Hunian Terjangkau di Kawasan Berorientasi Transit MRT Jakarta


05 September 2022

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Haryo Bekti Martoyoedo membacakan sambutan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan yang berhalangan hadir dalam acara Kick Off Meeting Penjajakan Kerja Sama Pembiayaan Pengembangan dan Penyediaan Hunian Terjangkau di Kawasan Berorientasi Transit MRT Jakarta. Jakarta, Senin(05/09/2022)

Acara ini adalah tindak lanjut Kesepakatan Bersama antara Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan dengan PT. MRT Jakarta untuk penjajakan Kerja Sama Pembiayaan Pengembangan dan Penyediaan Hunian Terjangkau di Kawasan Berorientrasi Transit MRT Jakarta.

Dalam sambutannya Haryo menyampaikan Pemerintah menargetkan Hunian Satu Juta Rumah Susun Perkotaan salah satunya di kawasan berbasis Transit Oriented Development (TOD) yang mana TOD dengan konsep memaksimalkan fungsi hunian, komersial dan fungsi lainnya dengan jarak yang dekat dari akses transportasi umum massal di nilai sebagai salah satu solusi dalam menjawab kebutuhan masyarakat atas hunian di tengah kondisi kelangkaan lahan di perkotaan.

Sejak Tahun 2020, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah dan juga PT. MRT Jakarta mengidentifikasi potensi proyek untuk penyediaan hunian yang terjangkau dan terintegrasi dengan kawasan TOD.  Dari hasil identifikasi tersebut, saat ini sedang disiapkan Pilot Project kerjasama investasi Penyediaan Rumah Susun di kawasan TOD Lebak Bulus, yaitu pada lahan BMN Kementerian PUPR yang berlokasi di kawasan PUPR Pasar Jumat. Pemerintah juga mendorong skema pembiayaan non konvensional khususnya untuk penyediaan rumah susun, misalnya kerjasama pemanfaatan BMN/D, KPBU, Skema Land Value Capture dan lainnya.

Acara ini di hadiri oleh perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Perum Perumnas, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT. MRT Jakarta, Japan International Cooperation Agency (JICA), dan Unit Organisasi di Lingkungan Kementerian PUPR.

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur
DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
Telp: (021) 7262535