Jumat, 18 Oktober 2024

Bangun 10.586 unit rumah Tahun 2019, Pemerintah harapkan Apersi Tingkatkan Penyediaan rumah bagi MBR

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Eko D Heripoerwanto, menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Dewan Pengurusan Daerah Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (DPD APERSI) Jawa Barat, Kamis (8/8) lalu di Bandung. Melalui acara ini Dirjen Pembiayaan Infrastruktur menghimbau asosiasi termasuk DPD APERSI Jawa Barat melalui DPP APERSI untuk melakukan pemutakhiran data pengembang agar tidak menghambat penyaluran KPR Bersubsidi.

“Berdasarkan realisasi KPR FLPP Tahun 2019, tercatat sebanyak 10.586 unit rumah MBR telah diproduksi anggota APERSI, atau sebanyak 21,84 persen dari total penyaluran KPR FLPP (Fasilitas Likuditas Pembiayaan Perumahan) Tahun 2019, untuk  itu kami berharap  pada semester II Tahun 2019 ini, APERSI  dapat meningkatkan penyediaan rumah bagi MBR dengan kualitas layak huni”  ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga di jelaskan bahwa berdasarkan data 24 Juli 2019, dana FLPP telah tersalurkan sebanyak 48.463 unit dengan nilai Rp. 4,65 Triliun atau sebesar 65,59 persen, untuk KPR SSB (Subsidi Selisih Bunga) belum ada realisasi sedangkan untuk SBUM (Subsidi Bantuan Uang Muka) sudah ada realisasi sebanyak 25.025 unit.

Ketum DPP Apersi Junaedi Abdillah, mengapresiasi DPD APERSI karena kinerja APERSI Jabar yang luar biasa karena selain mempunyai anggota terbesar se-Indonesia sekaligus membangun rumah terbesar Di Indonesia.

Pada acara tersebut, Ketua DPD Apersi Jabar Rd.H Gunawan Sumadikara dalam sambutannya berharap dukungan Pemerintah khusunya terkait dengan kuota SSB maupun FLPP dapat segera direalisasikan tambahan sehingga dapat mempersempit backlog perumahan.

pada akhir sambutannya Dirjen Pembiayaan Infrastruktur memberikan ucapan selamat atas terselenggaranya Rakerda DPD APERSI Jawa Barat dan kedepan, dapat terus menunjukan kinerja pembangunan  rumah yang berkualitas serta patuh terhadap peraturan  perundang- undangan dan berperan aktif dalam mendukung program sejuta rumah.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535