Jumat, 18 Oktober 2024

Kolaborasi Kementerian PUPR, Bappenas dan USAID Forum Investasi Air Minum, Sanitasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) bekerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan  Nasional/Bappenas menyelenggarakan Forum Investasi Air Minum, Sanitasi, dan Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA), di Jakarta, Selasa (17/09/24).

Forum ini juga sebagai sinergitas dalam memperkenalkan Jaringan Investasi dan Industri (IIN) yang beranggotakan para pelaku Industri dan investor untuk sektor Air serta untuk mendukung target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) nasional terhadap akses air dan sanitasi untuk semua (SDG 6) serta kota dan permukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan (SDG 11). Terkait sektor air, pemerintah melalui Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 telah menetapkan akses rumah tangga perkotaan terhadap air minum perpipaan ditargetkan tercapai 100% pada 2045, diikuti dengan target sanitasi aman sebesar 70%.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (Dirjen PI), Triono Junoasmono yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi pelaksanaan forum investasi ini. “Kami melihat ini event yang bagus. Kita dapat berkumpul, berkenalan dan menjalin relasi untuk bertukar pikiran atau sharing knowledge, sehingga para stakeholder terkait atau calon investor dapat tertarik berinvestasi. Dengan potensi yang besar ini mudah-mudahan kerjasama dapat berkembang pesat. Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah terhadap program sektor air, sehingga visi Indonesia Emas dapat tercapai di tahun 2045,” ujar Dirjen PI.

Mission Director USAID Indonesia, Jeff Cohen dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin antara USAID dan pemerintah Indonesia. “USAID Indonesia senang bisa berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia dan pihak swasta untuk mendorong pembiayaan inovatif dan investasi swasta yang berperan penting dalam mewujudkan peningkatan akses air minum dan sanitasi yang aman dan berkelanjutan serta pengelolaan sumber daya air yang  berketahanan iklim,” ujar Jeff.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535