Jumat, 18 Oktober 2024

Melihat Potensi Proyek Sumber Daya Air di Belitung Untuk Menjaga Pesisir Pantai

Masih dalam rangkaian Rapat Evaluasi Pelaksanaan KPBU TA 2020-2024 dan Strategi Pelaksanaan KPBU serta Pembiayaan Inovatif Sektor Sumber Daya Air TA 2025-2029 di Belitung, Tim Direktorat PPISDA dipimpin Plt. Direktur PPISDA Arvi Argyantoro didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung Susi Hariany dan PPK Sungai dan Pantai Teguh Prastowo melaksanakan survei lapangan ke proyek Pembangunan Pengaman Pantai Samak-Pegantungan, sebuah langkah nyata untuk melindungi pesisir Bangka Belitung dari ancaman abrasi dan kerusakan lingkungan.

Terkait proyek tersebut, Susi Hariany didampingi PPK Sungai menjelaskan bahwa dengan perencanaan yang matang pada Tahun 2013 dan pembangunan yang dimulai pada Tahun 2014, proyek ini berhasil membangun lebih dari 4.300 meter pengaman pantai hingga Tahun 2024. Lokasi pekerjaan Pengaman Pantai Samak-Pegantungan terletak di Desa Samak dan Desa Pegantungan, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung yang berjarak 15 km dari pusat kota Tanjungpandan.

Menariknya, proyek ini juga menjajaki berbagai peluang pembiayaan, termasuk potensi loan dari Korea untuk desain talud. Selain itu, sisa kebutuhan dana dapat diusulkan dengan skema Pembiayaan KPBU, membuka jalan bagi inovasi dan kolaborasi demi pembangunan yang lebih berkelanjutan.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535