Jumat, 18 Oktober 2024

Dirjen PI Bersama Gubernur Kepulauan Riau Lakukan Kordinasi Proyek KPBU Estuary Dam di Teluk Bintan dan Pengembangan SPAM

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Triono Junoasmono, hadir bersama Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, membahas Proyek KPBU Pembangunan dan Pengelolaan Estuary Dam di Teluk Bintan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. (1/8/2024). Dirjen PI menyampaikan “Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan proyek ini, kami memerlukan dukungan Bapak Gubernur dan jajarannya terutama terkait perizinan”. Perizinan yang dimaksud antara lain penetapan lokasi, izin lingkungan, serta pencantuman rencana proyek ke dalam RTRW Provinsi dan dokumen RISPAM Provinsi.

Gubernur Kepulauan Riau dalam kesempatan ini menyambut baik dan berharap proyek ini dapat mendukung 100% pelayanan air bersih di Kepulauan Riau. Lingkup proyek adalah pembangunan Estuary Dam dengan panjang 3,867 km yang menampung air dari sungai sebanyak 251 juta m3, selanjutnya dilakukan desalinasi menjadi air tawar, dan pengolahan air menjadi air bersih sebesar 10.000 liter per detik.

Dirjen PI juga melakukan kunjungan lapangan ke lokasi Estuary Dam di Pulau Pengujan, Kepulauan Riau, didampingi oleh Direktur Pengembangan Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Pembiayaan, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Permukiman, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV, beserta jajaran Kementerian PUPR.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535