Jumat, 18 Oktober 2024

Penandatanganan MOU dan Groundbreaking Perencanaan, Pembangunan, dan Pembiayaan Perumahan Bagi MBR di Kab. Kendal

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan (PPP), Haryo Bekti, hadir mewakili Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, dalam acara Penandatanganan MOU dan Ground Breaking “Perencanaan, Pembangunan, dan Pembiayaan Perumahan bagi MBR di Kab. Kendal”, di Kendal, Selasa (23/07/2024).

Pelaksanaan Penandatanganan Memorandum of Understanding  (MoU) dilakukan sebagai langkah awal dalam pelaksanaan Pilot Project antara Kementerian PUPR, Pemerintah Kab. Kendal, Badan Bank Tanah, PT SMF, BP Tapera, Bank BTN, adn PT Asatu Realty Asri tentang Perencanaan, Pembangunan, dan Pembiayaan Perumahan bagi MBR di Kab. Kendal.

 

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PPP menyampaikan bahwa di atas lahan HPL seluas 4,26 di Desa Mergosari, Limbangan, Kab. Kendal ini, akan dikembangkan 386 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, yang penyalurannya akan memanfaatkan sistem antrian (housing queue), memenuhi prinsip bangunan gedung hijau, dan kepemilikannya difasilitasi KPR FLPP dan KPR Tapera, dengan nama Perumahan Bumi Svarga Asri. Oleh karena itu, peran para pihak sangat diperlukan di mana Kementerian PUPR akan memfasilitasi pengembang terpilih untuk memperoleh sertifikasi bangunan hijau, serta menyediakan alat housing queue bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang berminat untuk membeli rumah.

 

Selain itu, dengan ditandatanganinya MoU ini, diharapkan pelaksanaan pilot project di Kabupaten Kendal ini menjadi lebih terarah, kondusif, dan tepat sasaran sehingga akad kredit KPR dapat direalisasikan mulai tahun 2024 ini. Kedepannya, diharapkan pilot project penyediaan rumah bagi MBR dapat diimplementasikan di daerah-daerah lainnya serta melibatkan stakeholder yang lebih luas, seperti bank pelaksana lainnya, asosiasi pengembang lainnya, dan dalam jumlah unit rumah yang lebih besar.

 

Turut Hadir dalam acara ini adalah Sekretaris Daerah Kab. Kendal, Bp. Ir. Sugiono, MT, Komisioner BP Tapera, Bp. Heru Pudyo Nugroho, Deputi Badan Bank Tanah, Bp. Hakiki Sudrajat, Direktur Utama PT SMF (Persero), Bp. Ananta Wiyogo, Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero), Bp. Hirwandi Gafar dan Direktur Utama PT Asatu Realty Asri, Bp. Joko Santosa.

 

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535