Jumat, 18 Oktober 2024

Kementerian PUPR Apresiasi Dukungan Pemerintah Inggris untuk Program Net Zero Emission di Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diwakili oleh Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air (PPISDA) Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan , Arvi Argyantoro melakukan pendampingan saat  kunjungan  Menteri Keamanan Energi dan Net Zero Inggris, The Rt Hon Graham Stuart pada kegiatan Project Site Visit Titab Mini Hydro Power Plant di Bendungan Titab, Buleleng, Bali, Jumat 8/3 lalu.


 Acara ini merupakan rangkaian kegiatan penyaluran hibah Pemerintah Inggris melalui program Menuju Transisi Energi Rendah Karbon Indonesia (MENTARI) untuk proyek PLTA/M/MH khususnya PLTM Titab di Bendungan Titab, Buleleng, Bali. Dalam kesempatan tersebut Graham Stuart menyampaikan bahwa Pemerintah Inggris memberikan bantuan sebesar kurang lebih  Rp 4.7 miliar dari nilai proyek PLTM Titab sebesar Rp 24,68 miliar.
"Atas nama Pemerintah Inggris, saya sangat bangga dapat mengambil bagian dalam perjalanan transisi energi terbarukan di Indonesia melalui program Mentari. Pembangkit listrik tenaga air di Bendungan Titab merupakan bukti nyata kemitraan hebat kami yang bekerja sama untuk mewujudkan tujuan transisi energi Indonesia," ujanya.
Selain itu Stuart menilai Bali memiliki peluang yang besar untuk mewujudkan program energi bersih. Menurutnya untuk memenuhi target tersebut Bali harus melihat semua peluang yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan Bendungan Titab yang sudah lama beroperasi dalam membangun PLTM.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur PPISDA Arvi Argyantoro menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Indonesia Kementerian PUPR mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Inggris untuk mendukung program Net Zero Emission di Indonesia. "Kami berharap agar program ini dapat berlanjut untuk semua bendungan milik Kementerian PUPR, tentunya pada bendungan yang memiliki potensi listrik baik PLTA/M/MH maupun PLTS Terapung". Ungkapnya.
Hadir di acara tersebut Direktur Utama PT Brantas Energi Satiyobudi Santoso, Perantara Investasi Mentari  Iwan Adhisaputra, dan Direktur PT SMI Darwin Trisna Djajawinata.

 

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535