PU-LOGO

BERITA » ASOSIASI JALAN TOL INDONESIA ATI TAHUN 2023 DIRJEN PI MENYAMPAIKAN ATI DAPAT BERPERAN LEBIH

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Tahun 2023; Dirjen PI Menyampaikan ATI dapat Berperan Lebih


16 Nopember 2023

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (Dirjen PI), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Herry Trisaputra Zuna hadir sebagai pembicara dalam Rapat Anggota Tahunan Asosiasi Jalan Tol (ATI) Tahun 2023 dan menyampaikan paparan terkait Kebijakan Investasi dan Model Bisnis Pengusahaan Jalan Tol di Jakarta, Kamis (16/11/23).

Di dalam kesempatan tersebut Dirjen PI menyampaikan bahwa ATI dapat berperan lebih dalam membantu pemerintah terkait suatu kebijakan di sektor jalan tol. “Badan usaha dan pemerintah dapat rembuk bersama untuk membicarakan masalah terkait dengan kebijakan investasi dan juga model bisnis pengusahaan jalan tol. Di sini ATI dapat berperan lebih dengan melakukan terobosan terkait dengan kebijakan di sekor jalan tol. Misalnya dengan merumuskan konsep penjaminan yang dapat diusulkan ke PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia sehingga industrinya makin sehat”, ujar Dirjen PI.

Dirjen PI juga mengatakan diperlukan bisnis proses yang tepat untuk menjawab setiap permasalahan yang dihadapi. Selain itu, Dirjen PI juga mengutarakan keinginan untuk membentuk Ekosistem Infrastruktur Jalan Tol dan Ia juga memperkenalkan Three Bold Actions kepada ATI yang terdiri dari tiga komponen yaitu akselerasi proses penyelenggaraan KPBU di Indonesia melalui adaptasi kebijakan PPP Fast Track di Thailand, kepastian investasi dan pelaksanaan KPBU yang terintegrasi dan berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG).

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur
DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
Telp: (021) 7262535