Jumat, 18 Oktober 2024

DJPI Laksanakan Market Sounding Proyek KPBU Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumaha (DJPI), melaksanakan Market Sounding Proyek KPBU Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Jakarta, Senin (11/9).

Acara Market Sounding tersebut, dibuka Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan,Reni Ahiantini. Dalam sambutannya, Reni mengatakan bahwa Kementerian PUPR menyiapkan Proyek KPBU Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi.

Proyek Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi merupakan proyek yang dilaksanakan dengan menggunakan skema KPBU dengan nilai sebesar Rp. 22,839 T dengan panjang jalan 96,84 Km dan masa konsesi selama 50 tahun.


Selanjutnya Reni juga menyampaikan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi akan mengakomodir kendaraan dari Barat ke timur pulau bali ataupun sebaliknya dan juga saling menghubungkan antara Pelabuhan gilimanuk ke mengwi dan arah ibu kota provinsi bali yaitu Denpasar.

Selain itu Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi juga selaras dengan pengembangan daerah Mengwi sebagai mega-hub di Provinsi Bali yang dikenal dengan Transit Oriented Development (TOD) Area, dimana Mengwi menjadi titik hub pergerakan antara barat ke timur dan pergerakan utara ke Selatan di Provinsi Bali, rencana TOD ini juga selaras dengan pengembangan rencana kereta api di Provinsi Bali.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535