Jumat, 18 Oktober 2024

Hunian Yang Berwawasan Lingkungan Bagi MBR

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (Dirjen PI) Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna hadir pada acara Groundbreaking perumahan berwawasan lingkungan dan Seminar Nasional dengan tema “ Pembangunan Perumahan Berwawasan Lingkungan & Kolaborasi Stakeholder dalam pemenuhan Hunian Bagi MBR.” di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, pada 13 September 2023.
Pada sambutannya Herry menjelaskan bahwa dalam upaya mendorong pelaksanaan pembangunan perumahan yang berwawasan lingkungan, DJPI menginisiasi pengembangan Indonesia Green and Affordable Housing Program (IGAHP) sebagai upaya untuk mengubah ekosistem perumahan menuju net zero carbon dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. IGAHP merupakan program penyediaan perumahan yang terjangkau baik untuk pembangunan rumah baru maupun peningkatan kualitas rumah dengan menerapkan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara seluruh stakeholder.

Herry mengatakan akan mengubah segmen perumahan untuk MBR agar memenuhi kaidah Bangunan Gedung Hijau (BGH). “Kita coba dari rumah untuk masyarakat MBR ini yang memenuhi kaidah green housing, untuk rumah komersil akan menyusul. PUPR juga sedang menyiapkan platform untuk ini, karena green housing bukan merupakan pilihan, menurut kami Ini adalah suatu keputusan” Tegasnya.

Dirjen PI juga mengapresiasi Kabupaten Pohuwato dan peran badan usaha telah menjadi pelopor pembangunan perumahan berwawasan lingkungan dan menginisiasi pembangunan perumahan IGAHP di Provinsi Gorontalo.

Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Pohuwato, Bapak Saiful A. Mbuinga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat dengan adanya program ini dapat sangat membantu memenuhi kebutuhan perumahan dan pembiayaan perumahan khususnya masyarakat Pohuwato.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535