Jumat, 18 Oktober 2024

DJPI Ikut Berpartisipasi Dalam Pameran Sewindu PSN 2023

Presiden Jokowi hadir dan membuka acara Peringatan Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bekerjasama dengan Kadin di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (13/09/23). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengingatkan kepada para pihak yang terlibat dalam pembangunan proyek PSN untuk berhati-hati. “Pelaksanaan pembangunan PSN harus hati-hati, karena ini bukan suatu yang gampang di lapangan, kita tahunya telah selesai jalan tol, telah selesai bendungan, telah selesai airport, telah selesai pembangkit listrik, tapi tidak tahu bahwa persoalan di lapangan sangat rumit, utamanya urusan pembebasan lahan,” ujar Presiden Jokowi.

Pada event Peringatan Sewindu PSN, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) ikut berpartisipasi dalam Pameran Sewindu Proyek Strategis Nasional yang merupakan rangkaian dari Infrastructure Forum and Edutainment Expo yang akan diselenggarakan selama empat hari mulai dari tanggal 13–16 September 2023. Proyek KPBU yang masuk dalam PSN yang ditawarkan kepada investor lingkup DJPI untuk sektor Jalan dan Jembatan yaitu Jalan Tol Gedebage-Ciamis, Jalan Tol Akses Patimban, dan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi. Ketiga proyek KPBU tersebut menggunakan skema pengembalian investasi dengan skema user charge.

Untuk proyek KPBU Sektor Air Bersih, yaitu SPAM Regional Jatiluhur I dengan status proyek di tahap konstruksi, SPAM Regional Karian Serpong (Financial Close), SPAM Regional Djuanda/Jatiluhur II (Penyiapan, Evaluasi FS Lingkup Hilir), SPAM Regional Umbulan (operasi), SPAM Semarang Barat (operasi), SPAM Bandar Lampung (operasi), SPAM Regional Wosusokas (Penyusunan FBC), SPAM Regional Cirebon Raya/Jatigede (Finalisasi FBC), SPAM Regional Kamijoro (Penyiapan).

Untuk proyek KPBU sektor Sumber Daya Air, yang pertama proyek KPBU Daerah Irigasi (DI) Lhok Guci, di Aceh, Pelaksanaanya dilakukan melalui Pembangunan Jaringan Irigasi Lhok Guci. Kedua, proyek KPBU Bendungan Bodri, Jawa Tengah.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535