Sabtu, 19 Oktober 2024

Generasi Milenial dan Z Banyak Memanfaatkan KPR Bersubsidi

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan, Herry Trisaputra Zuna hadir menjadi narasumber dalam acara talkshow Ngopi Sore bersama Radio Sonora dengan topik bahasan “Program Satu Juta Rumah Kementerian PUPR” yang dilakukan secara virtual pada hari Kamis (23/09), di Jakarta. Dalam acara tersebut Dirjen Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan menyampaikan hal terkait program satu juta rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah sejak tahun 2015, dengan capaian program hingga tahun 2021 sebesar 6.423.167 unit yang sudah dibangun. Program sejuta rumah ini berlaku untuk semua masyarakat, milenial dengan penghasilan rendah pun memiliki kesempatan yang sama. “Jika dilihat dari data yang ada sebanyak 70% yang memanfaatkan KPR Bersubsidi itu adalah Generasi Milenial, setelah itu ada Generasi Z yang juga sudah banyak memanfaatkan. Hal ini dapat dikatakan kesadaran untuk memiliki rumah di usia muda sudah mulai terlihat dan ini harus terus di dorong” ujar Herry. “Pemanfatan FLPP lebih banyak milenial baik itu di perkotaan maupun di luar kota, yang rumah susun maupun rumah tapak. Jadi memang dominasinya oleh generasi tersebut," tambahnya. Dari sisi suplai, Herry mengungkapkan, pemerintah menggandeng Perumnas untuk membuat desain rumah tapak yang sesuai dengan selera kaum milenial. Sementara dari sisi demand, para milenial ini dapat difasilitasi untuk menjadi anggota Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

"Di dalam prosesnya kita berkeinginan fasilitas bagi mereka bisa diperoleh seawal mungkin walaupun harus menjadi anggota satu tahun terlebih dahulu. Selain itu milenial di segmen MBR juga bisa memanfaatkan FLPP dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) di tahun depan," tandasnya.
Selain itu Herry menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan oleh berbagai pihak atas program yang sudah dilakukan dan berharap apa yang sudah dilaksanakan ini bisa membantu kebutuhan masyarakat. 

Lebih lanjut Beliau juga menyampaikan harapan untuk selalu menjalin kolaborasi dalam peningkatan pelaksanaan program ini sehingga dapat terlaksana, tepat sasaran, dan terjangkau oleh masyarakat luas agar harapan semua orang berhak atas hunian bisa kita wujudkan.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
 ppid.djpi@pu.go.id
Telp: (021) 7262535