PU-LOGO

  ☆ PENGUMUMAN PEMENANG LELANG PENGADAAN BUP PROYEK KPBU PRESERVASI JALAN LINTAS TIMUR SUMATERA - PROVINSI RIAU ☆     ☆ PENGUMUMAN HASIL PRAKUALIFIKASI PENGADAAN BUP PROYEK KPBU KEGIATAN PENGGANTIAN DAN/ATAU DUPLIKASI JEMBATAN CH DI PULAU JAWA ☆  

Dalam rangka Peringatan Hari Bakti PU ke-75, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR) melakukan penanaman 176.241 pohon secara serentak pada area infrastruktur PUPR. Gerakan ini dilakukan oleh seluruh unit organisasi di lingkungan Kementerian PUPR melalui siaran virtual yang dipusatkan di Bendungan Gondang, Jawa Tengah, Sabtu (5/12).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya secara virtual mengatakan, kegiatan penghijauan ini tidak hanya dilaksanakan pada Hari Bakti PU saja,  tetapi secara masif dan berkelanjutan dalam rangka membuka lapangan kerja dan menjadi potensi untuk pengembangan ekonomi hijau sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Bapak Presiden menekankan pentingnya green economy bagi Indonesia melalui gerakan penghijauan massal di berbagai sektor dan wilayah. Untuk itu, pada area infrastruktur PUPR, kita akan tanami pohon dengan memanfaatkan musim penghujan, khususnya bendungan dan jalan tol,” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (Dirjen PI) Eko Djoeli Heripoerwanto melaksanakan penanaman pohon yang berlokasi di Bendungan Karian, Lebak, Banten. Di kawasan tersebut ditanam 400 pohon yang juga dilakukan antara lain oleh Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air Arvi Argyantoro, Kepala Balai Besar Wilayah Seungai Cidanau, Ciujung, Cidurian (C-3) Saroni Soegiharto, dan Ketua Bidang I Keanggotaan, Organisasi dan Usaha Abdul Hanan Akhmad.

Penanaman serentak juga dilakukan semua wilayah Banten, diantaranya Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang 100 pohon, Saluran Irigasi Pamarayan Barat, Kabupaten Serang, 300 pohon, dan Situ Ciunem, Lebak 300 pohon.

Kegiatan tersebut juga diikuti secara virtual oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti dari Bendungan Sadarwarna di Subang, Dirjen Perumahan Khalawi Abdul Hamid dari lokasi Rusun Pasar Jumat, seluruh balai-balai di Indonesia, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Ketua Ikatan Pensiunan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (IPPU) Djoko Murjanto, serta komunitas dan perwakilan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan air (GNPKA).

Acara dilanjutkan dengan meninjau langsung kondisi fisik Bendungan Karian dan Direktur Jenderal PI, Eko D Heripoerwanto juga menyempatkan untuk berbincang dengan warga yang tinggal di Perumahan Bersubsidi Royal Garden yang berada di Cileuweung, Rangkasbitung Timur, Banten.(kom)