PU-LOGO

INFORMASI PROYEK UNGGULAN KPBU - SIMPULKPBU

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) melaksanakan acara Rapat Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Triwulan III dan Strategi Pemanfaatan Anggaran Triwulan IV DJPI Tahun Anggaran 2019, Rabu (16/10) bertempat di Mataram. Rapat yang dipimpin oleh Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Eko D Heripoerwanto ini dilaksanakan untuk bersama - sama mendiskusikan kinerja penyerapan/realisasi anggaran triwulan III, serta guna mencari solusi terhadap permasalahan dan kendala yang ada. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat mencari strategi agar dapat memanfaatkan anggaran yang ada, sehingga menghasilkan ouput dan outcome sesuai dengan perjanjian kinerja yang sudah ditandatangani pada tahun anggaran 2019.

“Saya berharap, saat nanti unit kerja menyampaikan paparan tentang pengelolaan anggarannya, juga dapat menyampaikan strategi yang akan dilakukan tiga bulan kedepan. Munculkan inovasi dan lakukan koordinasi antar unit kerja maupun dengan satker agar output dan outcome dapat terpenuhi”. Ungkap Dirjen Pembiayaan Infrastruktur dalam sambutannya.

Lebih lanjut Dirjen Pembiayaan Infrastruktur menyampaikan bahwa yang perlu diingat, pengelolaan anggaran yang tidak maksimal dapat diartikan adanya perencanaan anggaran dan koordinasi yang tidak optimal. Jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan beberapa poin penting antara lain mengenai status realisasi anggaran DJPI, progress kegiatan kontraktual dilingkungan DJPI, serta mengenai revisi anggaran. Pelaksanaan kegiatan dan realisasi anggaran di beberapa waktu kedepan diharapkan menjadi perhatian bersama, karena saat ini DJPI dalam realisasi anggaran menempati peringkat ke 8 dari 11 Unor di Kementerian PUPR sehingga diperlukan strategi serta upaya percepatan, untuk hal tersebut, diserahkan kepada masing- masing unit kerja mengingat waktu pelaksanaan efektif tahun anggaran 2019 hanya tersisa dua bulan.

Kedepan, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur berharap perlu dibudayakan untuk memiliki rencana kerja/kegiatan tahunan, sehingga penggunaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan tidak hanya di intensifkan atau dikebut pada saat mendekati akhir tahun saja tapi dilaksanakan secara teratur dengan baik dan sesuai target yang tellah ditetapkan sampai akhir tahun.

Hadir dalam kesempatan tersebut pejabat tinggi Madya, pejabat tinggi Pratama, Pejabat administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan DJPI. (FEN)