PU-LOGO

BERITA » FORUM LNVESTASI 5 DESTINASI PARIWISATA SUPER PRIORITAS DPSP

Forum lnvestasi 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)


09 September 2022

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan, Herry Trisaputra Zuna hadir dalam acara Forum lnvestasi 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) pada Jumat, (9/9) di Labuan Bajo, NTT.

Forum lnvestasi ini diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/BKPM yang bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, acara ini melibatkan badan pengelola kawasan dan pemerintah daerah di 5 DPSP dalam sesi paparan proyek, konsultasi one-on-one maupun pameran/booth.

Dalam acara tersebut Dirjen PI menyampaikan terkait dukungan infrastruktur bidang PUPR yang dibangun dalam rangka mendukung sarana dan prasarana destinasi pariwisata khususnya 5 destinasi super prioritas yang mencakup Konektivitas, Sumber Daya Air, Permukiman, dan Perumahan.

Pada Tahun 2020-2023 total kegiatan pembangunan yang telah dilakukan Kementerian PUPR mencapai 328 paket kegiatan atau sebesar Rp9,013 Triliun dengan rincian dukungan pengembangan DPSP Labuan Bajo total sebesar Rp1,7 T, DPSP Danau Toba sebesar Rp1,4 T, DPSP Borobudur sebesar Rp1,8 T, DPSP Mandalika Rp1,5 T, serta Likupang sebesar Rp755 M.

Lebih lanjut disampaikan berdasarkan RPJMN TA 2020-2024 pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini masih bergantung dengan APBN sebanyak 37% atau sebesar Rp 2,385 T, sehingga Pemerintah terus mendorong Badan Usaha/Swasta untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Pada akhir kesempatan, Dirjen PI juga menyampaikan harapan dari adanya kegiatan ini agar dapat berdiskusi bersama untuk membangun sebuah sistem yang efektif agar mampu menjawab tantangan pembangunan infrastruktur dan dapat menarik lebih banyak investor untuk berinvestasi.

 

#SigapMembangunNegeri

#PembiayaanInfrastruktur

#KPBU

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur
DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
Telp: (021) 7262535