PU-net
PENGUMUMAN(0)

Ekspose Pelatihan dan Kunjungan Luar Negeri

Created: 2018-01-05T11:00:35+07:00

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan melaksanakan Expose Pelatihandan Kunjungan Luar Negeri oleh tim yang ikut melakukan kunjungan ke Wharton USA, Korea Selatan, Jepang dan Malaysia di Lingkungan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan, Rabu (3/1/2018).

Acara ekspose tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR, Lana Winayanti. Dalam sambutan dan arahannya di depan peserta internal Ditjen Pembiayaan Perumahan dan BLU PPDPP, Lana mengatakan bahwa tim yang melakukan kunjungan ke luar negeri perlu melakukan berbagi pengetahuan(knowledge sharing) yang diperoleh kepada rekan kerja di Lingkungan Ditjen Pembiayaan Perumahan. “Saya berharap semua peserta yang hadir dapat mengikuti acara ini dan menyimak dengan baik. Banyak sekali manfaat dari berbagi pengetahuan, baik untuk diri pribadi maupun organisasi karena dapat meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan, membangun pembelajaran organisasi, serta mendorong perubahan dan inovasi”, ujar Lana.

Lebih jauh lagi Lana mengharapkan bahwa pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan dan kunjungan luar negeri dapat membantu memantapkan sistem pembiayaan perumahan yang tengah dibangun. “Kita masih harus bekerja lebih keras mewujudkan sistem pembiayaan perumahan dan melengkapi Road Map Pembiayaan Perumahan untuk menjadi acuan pemangku kepentingan pembiayaan perumahan. Hal ini juga sejalan dengan RPJPN 2005-2025 yang mengamanatkan terwujudnya sistem pembiayaan perumahan yang efisien, akuntabel dan berkelanjutan, serta mendukung pencapaian kota tanpa kumuh”, ungkap Lana.

Adapun Ekspose Training dan Kunjungan Luar Negeri dibagi menjadi beberapa sesi presentasi yaitu presentasi “International Housing Finance Program” di Wharton School, University of Pennsylvania, “Sustainable Land and Housing Development Policy (ASEAN)” di Korea Selatan, Studi Banding Perumahan Indonesia Malaysia HUD dan Mitra di Malaysia, dan “Training of Policies and Systems in Construction Industry” di Jepang. Presentasi dilakukan oleh tim peserta pelatihan dan kunjungan luar negeri, dari internal Ditjen Pembiayaan Perumahan, maupun dari unit organisasi lain yaitu Ditjen Cipta Karya dan Kementerian PPN/Bappenas.

Pesan terakhir kepada seluruh peserta, agar dapat menulis pengalaman mengikuti pelatihan dan kunjungan ke luar negeri, serta memberikan masukan bagaimana mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh untuk mendukung program dan kebijakan perumahan kedepan yang lebih baik.