PU-net
PENGUMUMAN(0)

Dekonsentrasi Tingkatkan Kesadaran Pemda Dalam Penyelenggaraan Perumahan dan Permukiman

Created: 2018-08-16T16:58:17+07:00

Dalam rangka pembinaan bidang pembiayaan perumahan, salah satu mekanisme yang dilakukan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan adalah melalui kegiatan Dekonsentrasi Sub Bidang Pembiayaan Perumahan. Adapun dekonsentrasi merupakan

pelimpahan kewenangan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah meliputi kegiatan diantaranya bidang perumahan dan bersifat non fisik sebagaimana diatur dalam Permenpupr Nomor 11/PRT/M/2017.

Demikian disampaikan Dirjen Pembiayaan Perumahan, Lana Winayanti dalam acara Training of Trainers (ToT) Calon Narasumber Kegiatan Dekonsentrasi Sub Bidang Pembiayaan Perumahan TA 2018 tanggal  Juli – 2 Agustus 2018 di Bogor. Acara tersebut diselenggarakan Direktorat Bina Sistem Pembiayaan Perumahan Kementerian, Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan yang terdiri dari terdiri dari 46 peserta

“Kegiatan dekonsentrasi diharapkan dapat meningkatkan peran dan kesadaran Pemda untuk berperan aktif dalam rangka penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman, seperti yang diamanatkan pada UU Nomor 1 Tahun  2011 yaitu Pemda bertugas merumuskan, menyusun, dan menetapkan rencana pengembangan perumahan dan kawasan permukiman lintas kabupaten/ kota,” ujar Lana Winayanti.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu pertama, memberikan pemahaman secara utuh mengenai lingkup tugas dan target keluaran yang akan dicapai dalam kegiatan pembinaan pendanaan dan sistem pembiayaan perumahan serta pendampingan pilot project pendataan kebutuhan rumah bagi ASN, pendataan (PSMP), dan (BP2BT).

Kedua, membangun pengetahuan tentang strategi pelaksanaan kegiatan dan pencapaian target keluaran setiap kegiatan dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan Dekonsentrasi Sub Bidang Pembiayaan Perumahan Tahun Anggaran 2018, yaitu pembinaan pendanaan dan sistem pembiayaan perumahan serta pendampingan pilot project pendataan kebutuhan rumah bagi ASN, pendataan (PSMP), dan (BP2BT).

Pada kegiatan ini calon narasumber dibekali dengan 4 (empat) materi pembahasan yang akan dibawakan ke-34 Provinsi pada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Pembinaan Pendanaan dan Sistem Pembiayaan Perumahan, diantaranya Kebijakan dan Program Pengembangan Pembiayaan Perumahan; Pendataan Rumah bagi ASN; Pembiayaan Swadaya Mikro Perumahan; serta, Skema dan Mekanisme Penyaluran Bantuan Pembiayaan Swadaya Mikro Perumahan.

Narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain Direktur Bina Sistem Pembiayaan Perumahan Rifaid M. Nur yang memaparkan Pelaksanaan PSMP melalui Kegiatan Dekonsentrasi Sub Bidang Pembiayaan Perumahan TA 2018. Juga, Direktur Pola Pembiayaan Perumahan Didik Sunardi yang memaparkan mengenai Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), Skema dan Mekanisme Penyaluran.

Melalui kegiatan ToT Calon Narasumber Kegiatan Dekonsentrasi Sub Bidang Pembiayaan Perumahan TA 2018 ini, diharapkan para calon narasumber yang terdiri dari Pejabat Eselon III dan Eselon IV dapat mempersiapkan diri untuk memberikan pemahaman kepada Pemerintah Daerah untuk mengembangkan sistem pembiayaan perumahan yang akuntabel, efisien, dan berkelanjutan di daerah