PU-LOGO

BERITA » MARKET SOUNDING PROYEK KPBU JALAN TOL CILACAP YOGYAKARTA DAN JALAN TOL DEMAK TUBAN

MARKET SOUNDING PROYEK KPBU JALAN TOL CILACAP-YOGYAKARTA DAN JALAN TOL DEMAK-TUBAN


29 Maret 2022

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan melaksanakan acara Market Sounding untuk dua Proyek KPBU yaitu  Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta dan Jalan Tol Demak -Tuban. pada hari ini Selasa (29/3) di Jakarta. Kegiatan Market Sounding ini merupakan forum bagi Pemerintah untuk menyampaikan informasi secara menyeluruh mengenai proyek KPBU. Selain itu juga untuk menjaring masukan, tanggapan dan minat atas proyek KPBU yang ditawarkan oleh Kementerian PUPR selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK)

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, DJPI Reni Ahiantini menjelaskan saat membacakan Sambutan Dirjen Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan  bahwa Market Sounding hari ini, akan disampaikan dua Proyek KPBU yaitu Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta dan Jalan Tol Demak -Tuban. Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta mempunyai nilai investasi sebesar Rp. 38,47 T, panjang 121,75 Km, masa konsesi 50 tahun dengan skema pengembalian user charge yang direncanakan akan lelang pada kuartal III tahun 2023. Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta merupakan proyek KPBU Solicited.

Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta melengkapi jaringan jalan tol di selatan Pulau Jawa yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo. Rencana Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta termuat sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana dalam Perpres 79/2019. Dukungan pembangunan ekonomi di sisi selatan Provinsi Jawa Tengah dapat mengurangi isu ketidakmerataan ekonomi dengan bagian utara dan timur Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan untuk Proyek KPBU kedua adalah Jalan Tol Demak -Tuban dengan nilai investasi sebesar Rp. 45,71 T, panjang 180,58 Km, masa konsesi 50 tahun dengan skema pengembalian user charge yang direncanakan akan lelang pada kuartal III tahun 2023. Jalan Tol Demak -Tuban merupakan proyek KPBU Solicited. Jalan Tol Demak-Tuban menghubungkan Kabupaten Demak dan Kabupaten Tuban. Jalan tol ini terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Demak dan rencana Jalan Tol Tuban-Babat-Gresik. Selain itu, Jalan Tol Demak-Tuban termasuk dalam PSN sebagaimana termuat dalam Perpres 79/2019 dan mendukung Proyek PSN Kawasan Kilang Minyak Tuban. Jalan tol ini juga menghilangkan missing link yang ada pada Tol Trans Jawa.

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur
DIREKTORAT JENDERAL PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN
Jl. Raden Patah I No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
Telp: (021) 7262535