Program Pembiayaan Swadaya Micro Perumahan (PSMP)

Bagaimana cara mendapatkan Pembiayaan Mikro Perumahan ini?

Dijawab oleh Administrator | 2019 May 03 | 18308 views | 9673 Masyarakat Terbantu dengan Informasi Ini.

Saat ini lembaga jasa keuangan yang bersedia mendapatkan pembinaan tentang pengembangan Pembiayaan Mikro Perumahan ini adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE), dan Pegadaian.Dalam melakukan pembinaan tersebut kami menggandeng Habitat for Humanity Indonesia

Untuk saat ini Produk Pembiayaan Mikro Perumahan baru bisa diperoleh melalui BRI dan BKE, karena Pegadaian masih membutuhkan waktu 1-2 tahun untuk menyiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia(SDM) dalam mengelola Pembiayaan Mikro Perumahan ini.

Kami mengharapkan produk ini sudah ada di BRI Unit Desa dengan menggunakan nama produk KUR Perumahan. Sedangkan melalui BKE, produk ini bisa didapat melalui Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) sebagai salah satu pemegang saham BKE.Untuk sementara ini, produk Pembiayaan Mikro Perumaham ini menggunakan brand eksisting yang ada pada BRI dan BKE supaya lebih cepat terealisasi dengan disain produk yang kami sepakati melalui MoU.

Walaupun produk ini bisa diakses oleh individu, tetapi kami menyarankan agar masyarakat mengaksesnya secara berkelompok (komunitas) dengan prinsip gotong-royong. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan akses pembiayaan.Selanjutnya, tokoh atau ketua kelompok (komunitas) tersebut dapat menghubungi Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) atau Dinas PKP yang ada.

Untuk saat ini, baru ada 16 Dinas PKP Provinsi yang siap melaksanakan Pilot Project Pembiayaan Mikro Perumahan ini. Untuk masa yang akan datang tentunya kami mengharapkan adanya dukungan dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk bersama-sama mendorong produk Pembiayaan Mikro Perumahan ini melalui regulasi yang lebih kondusif, namun tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian (prudent).

Masih memiliki pertanyaan?

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

© All Right Reserved 2019.