Senin, 12 Juni 2017 | 14:39 WIB

Pergantian Pejabat Di Lingkungan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan

Pergantian Pejabat Di Lingkungan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan telah melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) pejabat eselon dua yaitu Direktur Evaluasi Bantuan Pembiayaan Perumahan di kantor Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan pada hari Senin (29/5).

Dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Lana Winayanti, mengatakan bahwa pergantian pejabat merupakan suatu proses, regenerasi, penyegaran dan diharapkan dapat meningkatkan sinergi. Adapun pejabat baru sebagai Direktur Evaluasi Bantuan Pembiayaan Perumahan atas nama Ir. Arvi Argyantoro yang menggantikan Ir. Lita Matongan yang kini menjabat sebagai Direktur Pendayagunaan Sumber Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, mengatakan bahwa tugas bidang perumahan di Kementerian PUPR berkaitan dengan unit organisasi lain di antaranya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) dan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP). “Sesuai dengan arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sinergi antar unit organisasi diperlukan,  karena dalam mengatasi masalah perumahan tidak dapat dikerjakan hanya dalam koridor masing–masing. Sebagai contoh, permasalahan dapat dilihat dari sisi supply dan demand. Pembiayaan perumahan melayani sisi demand, dimana pasokan (supply) rumah bisa oleh Pemerintah, Swasta atau Masyarakat. Untuk mewujudkan rumah layak huni ada rangkaian proses mulai dari pengadaan tanah, kesesuaian tata ruang, perencanaan dan perancangan rumah dan lingkungannya, perizinan dan konstruksi yang didukung prasarana, sarana dan utilitas (air bersih, drainase, listrik, transportasi publik dsb). Semuanya ini didukung oleh berbagai pelaku pembangunan.”, ungkap Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Lana Winayanti.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan juga mengingatkan tugas pokok dan fungsi Direktur Evaluasi Bantuan Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR yang baru. “Untuk Pak Arvi yang saat ini tengah menjabat sebagai Direktur Evaluasi Pembiayaan Perumahan, tupoksi yang akan diemban antara lain meliputi kerjasama dengan Lembaga Keuangan, Pengembang, Pemerintah Daerah dan lembaga lainnya,” tegas Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, KementerianPUPR.

Selain itu, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, juga mengatakan guna meningkatkan kinerja Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan, saat ini sudah dibentuk 16 (enam belas) Task Force Task force ini dibentuk lintas eselon dua agar ada sinergi antar unit eselon dua juga diharapkan dengan melibatkan unit eselon satu lainnya seperti Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balitbang, BPIW dan BLU PPDPP agar dapat mempercepat pencapaian output kinerja”, Demikian dikatakan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Lana Winayanti, mengakhiri sambutannya.